PKM IBU-IBU BERKENDARA AMAN (SAFETY DRIVE) DI KELURAHAN CIGANJUR

Wardani Rizkianti, Khoirur Rizal Lutfi, Muhammad Helmi F

Abstract


Kelurahan Ciganjur merupakan salah satu tempat berlalu lintas yang ramai. Ibu-ibu di kelurahan Ciganjur banyak yang menggunakan kendaraan bermotor baik dalam melakukan aktifitas keseharian, maupun menggunakan kendaraan bermotor dalam mencari penghasilan. Dalam menggunakan kendaraan bermotor ibu-ibu di kelurahan ini masih banyak yang melakukan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas dan mengabaikan keselamatan berkendara. Abdimas ini dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai aturan berlalu lintas dan berkendara aman sehingga tercipata masyarakat yang tertib hukum.

                                Pelaksanaan abdimas dilakuan dengan metode pelatihan, dialog interaktif dan penyuluhan . Kegiatan dilaksanakan secara bertahap dengan dua kali pelaskanaan pelatihan dan pendampingan, tahap pertama mengenai aturan berlalu lintas sesuai dengan ketentuan perundang-undanagn kemudian tahap kedua pengenalan dan penjelasan mengenai peralatan yang digunakan dalam berkendara aman serta rambu-rambu daam berkendara.        

                                Hasil yang dicapai melalui abdimas ini adalah tingkat pengetahuan ibu-ibu tersebut terhadap aturan berlalu lintas lebih meningkat dan ibu-ibu yang menjadi sasaran abdimas juga mengetahui dengan jelas mengenai perlengkapan dan fungsi perlengkapan berkendara bermotor yang aman. Pemahaman ibu-ibu juga mengalami peningkatan mengenai rambu-rambu dalam berkendara.

               

 Kata kunci : pkm; ibu-ibu; berkendara aman; ciganjur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.