PENDAMPINGAN PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN PADA INDUSTRI PANGAN BERBAHAN BAKU SINGKONG DAN PISANG GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DUSUN PONGGANG

Wibawa Prasetya, Agustinus Silalahi, Stephanus Ivan Gunawan, Cendrasari Wahju Oktavia

Abstract


Dusun Ponggang merupakan salah satu dusun yang berada di Kecamatan Sagalaherang kabupaten Subang. Sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani. Dengan hasil pertanian yang berlimpah, dusun ini memiliki peluang untuk berwirausaha dibidang industri pengolahan hasil pertanian.Salah satu industri pengolahan hasil pertanian yang menjadi andalan dusun Ponggang adalah Kiripik Singkong dan Sale Pisang. Kedua produk ini diharapkan dapat mensejahterakan warga dusun Ponggang dan mengurangi tingkat pengangguran.

Berdasarkan peluang tersebut, maka usaha keripik singkong Pong’s dan sale pisang Pong’s perlu dikembangkan melalui pendampingan usaha agar bisa berkembang menjadi lebih baik. Program pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan pengembangan usaha. Bentuk pendampingan yang dilakukan meliputi perluasan pangsa pasar, pengurusan ijin P-IRT, pengurusan Surat Ijin Usaha, pengemasan dan pendampingan pembukuan sederhana. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pendampingan dan penyuluhan terhadap 3 orang peserta. Hasil yang sudah dicapai adalah 1). P-IRT no 2153213010784-22 untuk kripik singkong , 2). Surat Ijin Usaha nomor :IUMK/009/SRPJ/2017 untuk kripik singkong. P-IRT dan surat ijin usaha untuk sale pisang perlu segera diproses ke instansi terkait,sedangkan untuk pemasaran perlu diberi pelatihan pemasaran lewat media social mengingat lokasi desa Ponggang sangat terpencil. Untuk pendampingan pembukuan perlu dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan karena pelaku usaha Kripik Singkong dan Sale Pisang belum terbiasa melakukan pembukuan secara teratur. Selain itu pelaku usaha belum merasakan manfaatnya laporan keuangan yang dibuat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.