SOSIALISASI UU NO. 19 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NO. 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DI KELURAHAN DUREN TIGA

Andriyanto Adhi Nugroho, Heru Suyanto, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan mengenai sosialisasi UU No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 2011 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik khususnya mengenai ujaran kebencian. Analisis terhadap pengaturan tersebut dilakukan dengan instrument hukum yang didasarkan pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, UU No. 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. Ujaran kebencian merupakan salah satu faktor penentu segala macam tindak pidana kebencian yang terjadi di Indonesia, tindak pidana kebencian yang dilatar belakangi oleh isu suku, agama, ras dan antargolongan tidak terlepas dari peran ujaran-ujaran kebencian yang dilontarkan kepada pribadi atau kelompok masyarakat tertentu. Sasaran dalam Abdimas ini adalah masyarakat Kelurahan Duren Tiga yang pekerjaanya tidak tetap /serabutan. Permasalahan yang diangkat Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden tahun 2019 dapat menimbulkan gesekan-gesekan sosial khususnya penggunaan ujaran kebencian terhadap salah satu calon. Ujaran kebencian ini dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

 

Kata Kunci : Ujaran Kebencian,SARA, Persatuan


Full Text:

PDF

References


Abubakar, Irfan. 2016, Hate Speech dan Penanganannya Oleh Polri dan Pemerintah Daerah (PEMDA) di Indonesia, CSRC UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Azra, Azyumardi. 2016, Ujaran Kebencian dan Kebebasan, CSRC UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Barnes, Karen. dan Peter Albrecht. 2008. Pengawasan Masyarakat Sipil Atas Sektor Keamanan dan Gender. DCAF, OSCE/ODHIR, UN-INSTRAW. Jenewa.

Galiardone, Iglino. dan Danit Gal, Thiago Alves, Gabriela Martinez. 2015. Countering Online Hate Speech. UNESCO. Paris.

Gosita, Arif. 2009, Masalah Korban Kejahatan, Universitas Trisakti, Jakarta.

Hendrastomo, Grendi. 2007. Nasionalisme vs Globalisasi ‘Hilangnya’ Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern. Jurnal Dimensia Vol. I, No. 1, Maret 2007. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wibowo, Wahyu. 2014. Pengantar Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pusat Studi Hukum Militer, Sekolah Tinggi Hukum Militer “AHM-PTHM”. Jakarta.

Zaidan, M. Ali. 2015, Menuju Pembaruan Hukum Pidana, Sinar Grafika, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.