Abstract
PAUD memilik nilai strategis pendidikan karena dapat memfasiltasi masa emas pertumbuhan dan perkembangan anak. Terkait dengan pembangunan pendidikan yang berbasis bela negara, masing-masing daerah memerlukan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik daerah. Karakterisik yang berbeda juga terdapat pada satuan-satuan pendidikan yang mempunyai peserta didik dengan latar belakang dan kondisi yang beragam. Karenanya kurikulum sebagai jantung pendidikan perlu dikembangkan dan diimplementasikan secara kontekstual untuk merespon kebutuhan bela negera, satuan pendidikan, dan anak di masa kini dan masa mendatang. Permasalahan Pelayanan pendidikan kepada anak usia dini (PAUD) seharusnya adalah dengan metode belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar. Kebanyakan PAUD yang beroperasi di masyarakat lebih menekankan kepada aspek akademik dan kurang menekankan kepada pengembangan aspek psikomotorik. Akibatnya, murid-murid PAUD lebih dibebankan dengan pembelajaran Calistung, baca tulis hitung yang tidak sesuai dengan tingkat perkembangan jasmani dan rohaninya. Solusi dirancangnya suatu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sekaligus dapat diimplementasikan bagi terwujudnya upaya bela Negara. Target dalam program PKM adalah PAUD Negeri Terpadu Syeh Malka yang terletak pada wilayah binaan UPNVJ. Metode dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan pembelajaran dan pembinaan. Sementara tujuan dalam PKM ini yaitu penguatan metode pembelajaran PAUD yang sesuai dengan kemampuan otak anak dan perkembangan psikomotoriknya. Sehingga dalam kegiatan ini, akan dihasilkan prototipe rancangan kurikulum dalam satuan tingkat pendidikan yang sesuai dengan tematik bela negara. Sehingga di masa dating PAUD ini menjadi percontohan bagi PAUD lainnya di Kecamatan.
References
Buku Saku Bela Negara. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2017
Priyono Sadjijo, Dyah Harianti dan Soemiarti Patmono Dewo (2005). Studi Dampak Pendidikan Anak Usia Dini: Laporan Perkembangan Program PAUD. Jakarta: Direktorak PAUD Kemendiknas, tidak diterbitkan.
Priyono (2012) “Early Childhood Education in Banten: Cultural Capital and School Readiness” in SMERU No. 33 December. The article is available at website: www.unicef.or.id or www.smeru.or.id
Priyono Sadjijo (2012) Presentation of draft teaching materials “Pedoman dan Bahan Ajar Diklat PTK PAUD” (as a model of cascade training, initiated by ECED Project but funded by GoI) held by Directorate PPTK PAUDNI, Ministry of Education and Culture, Hotel Aston Pasteur, Bandung 12-14 April.
Priyono Sadjijo (2011) Paper presentation at conference “Policy Study on Child Education in Indonesia” held by UNICEF, Bappenas, and Ministry of Education and Culture, Arya Duta Hotel 17 November.
Priyono Sadjijo (2011) Paper presentation at “National Symposium of Educational Research’s Result and Innovation” held by Center of Policy Research, Ministry of National Education, Denpasar 20 – 22 September.
Priyono Sadjijo (2005) “Looking Back Moving Forward: The Impact of Early Childhood Education in Indonesia.” Power point presentation for Early Childhood Education Learning Workshop at the World Bank Office Jakarta, 25-26 August