PENINGKATAN KEMAMPUAN SURAT MENYURAT DI BIDANG KEPENDUDUKAN BERBASIS IT

Bayu Hananto, Catur Nugrahaeni Puspita Dewi, Ridwan Raafiudin

Abstract


Minimnya pengetahuan tentang pemanfaatan Teknologi Informasi di lingkungan masyarakat, membuat peningkatan kompetensi yang mereka miliki kurang optimal. Hal ini mengakibatkan kinerja dari organisasi yang terdapat pada lingkungan sekitar menjadi terhambat. Sistem informasi administrasi persuratan adalah sebuah aplikasi untuk mengelola arsip surat, aplikasi ini hanya berjalan pada tingkat Rukun Tetangga (RT) terlebih dahulu. Setelah berjalan cukup baik, maka aplikasi ini akan dikembangkan lagi ketingkat berikutnya yakni tingkat Rukun Warga (RW). Banyaknya transaksi dari Administrasi Persuratan yang masih dilakukan oleh mitra dengan cara konvensional atau manual tersebut mengakibatkan data transaksi tidak terkelola dengan baik. Maka dibutuhkanlah sebuah aplikasi yang dapat mengelola administrasi persuratan tersebut.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Administrasi Surat Menyurat, Karang Taruna, RT, RW


Full Text:

PDF

References


Hananto, Bayu. Catur Nugrahaeni Puspita Dewi, Ridwan Raafiudin. 2017. Pelatihan Sistem Informasi Kependudukan Dan Dasawisma Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter Pada Tingkat RT. Bandung. Prosiding SNaPP: Sains, Teknologi.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Edisi Revisi. Andi Offset. Yogyakarta.

Raharjo, Budi. Imam Heryanto, Enjang RK. 2012. Modul Pemrograman Web HTML, PHP & MySQL. Bandung: Modula.

Triwahyono, Bambang. Yuni Widiastiwi, Bayu Hananto. 2018. Pelatihan Pengenalan Animasi Dan Desain Untuk Anak Jalanan Sekolah Master (Masjid Terminal). Bandung. ETHOS (Jurnal Penelitian dan Pengabdian).

Widiastiwi, Yuni. Ati Zaidiah, Bayu Hananto. 2018. Peningkatan Kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Anak Jalanan Sekolah Master, Yayasan Bina Insan Mandiri (YABIM). Bandung. ETHOS (Jurnal Penelitian dan Pengabdian).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.