PENGEMBANGAN USAHA KONVEKSI DI KOTA BANDUNG
Abstract
Bandung sudah sangat dikenal sebagai kota penghasil produk kaos yang berkualitas. Mulai dari jasa konveksi kaos Bandung, sampai produk kaos yang memiliki brand atau merk yang berasal dari kota ini. Perkembangan pabrik konvenksi ini meliputi berbagai macam jenis dari skala kecil mulai dari kaos distro sampai yang besar seperti kaos promosi maupun kaos partai dan kaos kampanye. Pangsa pasar yang jelas akan selalu ada membuat bisnis di bidang ini tidak pernah sepi dan banyak orang yang berusaha memaksimalkan potensinya.
Berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi kedua pengrajin, maka permasalahan tersebut diidentifikasi berdasarkan permasalahan prioritas. Permasalahan prioritas yang akan ditangani berkaitan dengan peralatan dan pemasaran online yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas usaha. Selain itu juga memberikan pemahaman kepada kedua mitra untuk melakukan pembukuan. Hal lain dengan bertambahnya peralatan diharapkan jumlah produktivitas usaha bertambah dan tidak lagi menggunakan jasa orang lain. Selain itu dengan pemasaran on line dapat meningkat dan daerah pasar sasaran dapat merambah lagi ke beberapa daerah di Indonesia.
Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu permasalahan yang dihadapi oleh pengrajin, dimana diharapkan pengrajin mampu meningkatkan produktivitas usahanya dari tahun ke tahun. Selain itu juga produk yang dihasilkan diharapkan dapat dikenal di beberapa wilayah.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode yang digunakan untuk membantu pengrajin adalah dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang akan disampaikan kepada pengrajin adalah terkait dengan pemasaran on line dimana produk yang dihasilkan wilayah pasar sasarannya lebih luas lagi. Selain itu juga akan memberikan pelatihan dan pendampingan berkaitan keuangan diharapkan pengrajin mampu mengelola keuangan dengan baik dan mampu untuk memisahkan keuangan keluarga dengan keuangan usaha. Setelah pelatihan dilakukan dilanjutkan dengan pendampingan. Pendampingan akan terus dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Diharapkan pengrajin mampu melakukan pemasaran secara online sendiri. Setelah mampu melakukan pemasaran online sendiri diharapkan mitra mampu meningkatkan pasar sasarannya.
Kata Kunci : Pemasaran dan Produksi
Full Text:
PDFReferences
Ahsanul Minan,2003,”Modul Pelatihan” diperoleh 17 April 2014 dari https://docs.goegle.com:ahsanulminan.webs.com/modul/modul.
Rianingsih Djohani,2012,”Konsep Pendampingan Masyarakat” diperoleh 17 April
https://docs.goegle.com.riadjohani.files.wordpress.com/2012/konsep-masyarakat-pendampingan -masyarakat.
Rahmad Agus, 2013, “ Pengenalan Bisnis dan Pabrik Konfeksi “ diperoleh 2 April 2014 http :// www.pabrikkaosbandung.com/konveksi/pengenalan-bisnis-dan pabrik-konveksi
Info Bandung, 2013, “ Bisnis Usaha Konveksi Bandung” diperoleh 14 april 2014 http :// Infobandung.org/bisnis-usaha-konveksi-di bandung-1004 html.
http://www.pabrikkaosbandung.com/konveksi/pengenalan-bisnis-dan-pabrik-konveksi
Afif , 2017, “Pengertian Konveksi Beserta Perbedaannya Dengan Garmen dan Penjahit Biasa, diperoleh 13 Oktober 2018 dari https://docs.goegle.com.satujam.com
Rio Brian, “Kiat Memulai Bisnis Konveksi Skala Rumahan” diperoleh 13 oktober 2018 dari https//docs.goegle.com.www.maxmanroe.com
Ace Partadiredja, 1985, “Pengantar Ekonomi”, BPFE-UGM, Yogyakarta, diperoleh dari www.sarjanaku.com 2012/12 Blog Pendididkan Indonesia
Magfuri, 1987, “Pengertian Bahasa” diperoleh dari blogspot.com 2013/02 Blog Pendidikan Indonesia
Philip Kotler , 2001, “Jurnal Manajemen (Kumpulan Materi Manajemen Terlengkap)” diperoleh 13 oktober 2018 dari jurnalmanajemen.com
Swasta & Irawan, 2003,
Chaffey, 2000, “Pemasaran Online Menurut Para Ahli”, diperoleh 28 oktober 2016 dari deniawan 27.blogspot.com
Dede Deniawan, 2016,
Refbacks
- There are currently no refbacks.