Patriotisme Bela Negara dalam Menguatkan Karakter Rasa Nasionalisme
Abstract
Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk memberikan pengetahuan, wawasan keterampilan dan keahlian tertentu kepada individu guna mengembangkan bakat serta kepribadian mereka. Dengan Pendidikan Bela Negara manusia berusaha mengambangkan dirinya mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi akibat adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu mengikuti alur perkembangan teknologi. Oleh karena itu masalah Pendidikan perl menyangkut berbagai masalah yang berkaitan dengan kuantitas dan, kualitas yang relevansinya, selain itu Pendidikan Bela Negara juga memiliki tujuan menjadikan manusia atau induvidu yang bertaqwa dan berimankepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai akhlak mulia, cerdas, sehat, berkemanusiaan, berperasaan, dan dapat berkarya serta bermasyarakat, berbudaya dan berkepribadian. Selain itu pula Pendidikan secara nasional tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Subagyo. 2015. Syarat-Syarat Kesiapan Penyelenggaraan Program Bela Negara. Jurnal Pertahanan. Volume 5. Nomor 3.
Agung, Iskandar. Dan Sudiyono. 2017. Reorientasi Pendidikan Karakter Revolusi Mental. Jakarta. Pustaka.
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik).Jakarta: Rineka Cipta.
Azra, Azyumardi. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education).
Jakarta: Prenada Media.
Buana Pustaka. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta.: Masmedia Buana Pustaka.
Dyah Sriwilujeng. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta : Erlangga.
Fatoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Khasanah, U, Adelina H & Yunisca N. 2015. Peranan Aktivitas Forum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Sikap Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 3. Nomor 4.
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Lickona, Thomas. 2012. Educating For Character. Jakarta: PT Bumi Aksara. Manarung D, Irawan S &Hermi Y. 2018. Pengaruh Budaya Sekolah Dan
Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5. Nomor 12.
Marsono. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : In Media. Menteri. 2018. Peraturan Menteri pendidikan Dan Kebudayaan Nomor
Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada
Satuan Pendidikan Formal.
Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pemerintah Republik Indonesia. 2002. Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara.
Rawantina dan Arsana. 2013. Penanaman Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Untuk Mewujudkan PendidikanKarakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 1. Nomor 1.
Renita S, Adelina H dan Hermi Y. 2017. Pemanfaatan Film Perjuangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bela Negara Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5. Nomor 7.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhadi, Octen. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Erlangga. Susanto, A, Suntoro, I & Nurmalisa, Y. 2018. Internalisasi Nilai-Nilai
Nasionalisme Dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Kultur Demokrasi.
Volume 5. Nomor 11.
Suwarno W. 2011. Implementasi Bela Negara Untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah Civis. Volume 1. Nomor 1.
Tilaar. 2006. Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grafindo.
Ubaedillah. 2013. Civic Education, Pancasila, Demokrasi, HAM dan
Masyarakat Madani. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wirantasa U. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Volume 7. Nomor 1.
Yogi P, Irawan S dan Yunisca N. 2018. Peranan Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme. Jurnal Kultur Demokrasi. Volume 5. Nomor 13.
Zuabedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 National Conference on Law Studies (NCOLS)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh :
Fakultas Hukum
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
Gedung Yos Sudarso, Jl. RS. Fatmawati Raya, Pd. Labu, Kec. Cilandak,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12450.
Hotline (WA) : 0815-1126-5117
Email : fh_conf@upnvj.ac.id
Website : hukum.upnvj.ac.id
NCOLS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.