PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT IKLAN YANG MENYESATKAN

Tangkas Hadi Perwira, Atik Winanti

Abstract


Judul tesis ini adalah Perlindungan Konsumen Terkait Iklan Yang Menyesatkan, permasalahan yang di kaji
dalam jurnal ini mengenai perlindungan konsumen terkait iklan yang kegunaannya tidak sesuai dengan
karakteristik produk yang sering di konsumsi oleh masyarakat. Saat ini banyak sekali marketing yang
memanipulasi iklan suatu produk demi meningkatkan penjualan. Maraknya iklan penipuan ini membuat
masyarakat mudah tertipu. Berdasarkan pada masalah tersebut, penulis membuat makalah ini yang bertujuan
untuk mengedukasi masyarakat terkait iklan yang menyesatkan dan kaitannya terhadap hukum perlindungan
konsumen karena masih banyaknya masyarakat yang sulit untuk membedakan produk konsumen yang benarbenar

sesuai dengan iklan yang tertera. Indonesia merupakan Negara yang berlandaskan pada norma
hukum,Undang-undang dan Konstitusional. Pembuatan iklan telah di atur dalam Undang - Undang nomor 24
tahun 1997 tentang penyiaran dan Undang - Undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian normative dengan pendekatan konseptual, pendekatan ini
berdasarkan pada doktrin hukum serta perundang-undangan, selain itu juga di kaji dengan studi kasus (Case
Study) berkaitan dengan materi yang di kaji. Hasil dari kajian ini berupa hak perlindungan konsumen, serta fakta
yang memuat hak tersebut yang berupa pasal hukum dan peraturan hukum tersebut.


Keywords


Hukum perlindungan konsumen, Undang – Undang Perlindungan Konsumen, Manipulasi Iklan.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Perundang – Undangan:

Republik Indonesia, Konsideran Undang - Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang

Perlindungan Konsumen.

Republik Indonesia, Undang - Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan

Konsumen .

Buku:

Ahmad, W. G. 2002. Hukum Tentang Perlindungan Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Siahaan, N. 2004. Hukum Konsumen, Perlindungan Konsumen, dan Tanggung Jawab

Produk. Jakarta: Pantai Rei .

Sidabalok, J. 2006. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya

Bakti.

Simatupang, H. T. 2004. Aspek Hukum Periklanan dalam Perspektif Perlindungan

Konsumen. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Karya Ilmiah:

Widjowati. (2016). Peredaran Iklan yang Menyesatkan Konsumen di hubungkan dengan

Hukum Perlindungan Konsumen, Pers, dan Pernyiaran. Journal Uta45 Jakarta.

Herawati, N. (2006). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Atas Iklan yang Menyesatkan.

Perspektif Jurnal, 11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 National Conference on Law Studies (NCOLS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Diterbitkan Oleh :

Fakultas Hukum

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Gedung Yos Sudarso, Jl. RS. Fatmawati Raya, Pd. Labu, Kec. Cilandak,

Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12450.

Hotline (WA) : 0815-1126-5117

Email : fh_conf@upnvj.ac.id

Website : hukum.upnvj.ac.id

Creative Commons License

NCOLS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.