Profitabilitas Memoderasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Sara Lumbantoruan, Ayunita Ajengtyas Saputri Mashuri, Ratna Hindria Dyah Pita Sari

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah profitabiliitas mampu memoderasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan juga pengaruh agresivitas pajak, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange (IDX) tahun 2016 – 2018 sebagai populasi. Teknik pemililihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel yang diperoleh sebanyak 67 perusahaan dari sektor perusahaan manufaktur. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Berganda menggunakan software SPSS versi 25 dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengantingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:i(1) agresivitas pajak menggunakan proksi book tax difference (BTD) berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, (3) likuiditas menggunakan proksi current ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR, (4) profitabilitas tidak mampu memperkuat atau memperlemah hubungan antara agresivitas pajak terhadap pengungkapan CSR, (5) profitabilitas tidak mampu memperkuat atau memperlemah hubungan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR, (6) profitabilitas tidak mampu memperkuat atau memperlemah hubungan likuiditas terhadap pengungkapan CSR.

 

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.