Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Pada Toko Online (Studi Pada Shopee, Bukalapak, Lazada, Dan Tokopedia)
Sari
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada konsumen yang berbelanja secara online. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, membuktikan, dan menganalisis perbedaan strategi pemasaran pada Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan konsumen yang berbelanja di Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan alat analisis yang digunakan adalah Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 24.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan antara strategi pemasaran produk dengan nilai Chi Square X2 hitung pada Shopee 167,00, Bukalapak 186,25, Lazada 112,25, dan Tokopedia 147,77 (2) Terdapat perbedaan antara strategi pemasaran harga dengan nilai Chi Square X2 hitung pada Shopee 187,00, Bukalapak 164,75, Lazada 166,25, dan Tokopedia 169,75, (3) Terdapat perbedaan antara strategi pemasaran distribusi dengan nilai Chi Square X2 hitung pada Shopee 182,25, Bukalapak 153,75, Lazada 142,75, dan Tokopedia 173,00, (4) Terdapat perbedaan antara strategi pemasaran promosi dengan niali Chi Square X2 hitung pada Shopee 173,00, Bukalapak 121,25, Lazada 124,5, dan Tokopedia 131,125. Dan X2 tabel yang dihasilkan dengan derajat kebebasan 12 senilai 21,0261.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Diterbitkan oleh:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450
Email: biema.feb@upnvj.ac.id
Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.