Analisis Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI

Rati Wulandari, Nurmatias Nurmatias, Ardhiani Fadila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap nilai perusahaan. Karakteristik perusahaan terdiri dari Struktur Modal yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), Ukuran Perusahaan yang diproksikan dengan Ln Total Aset (SIZE), Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR), dan Profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Equity(ROE) terhadap Nilai Perusahaan yang ditunjukkan oleh Price to Book Value (PBV). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 27 perusahaan sektor industri barang konsumsi dengan periode penelitian selama empat tahun untuk memperoleh 108 unit sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel 2013 dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Data Panel dengan program E-Views 10.0 dan tingkat signifikasi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Struktur Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (2) Ukuran Perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Likuiditas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (4) Profitabilitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.