Target Costing sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM melalui Kemitraan Marketplace

Azharan Ramadhani, Novita Novita

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan harga jual produk UMKM dengan menggunakan metode target costing dalam upaya meningkatkan keungulan bersaing penjualan melalui kemitraan marketplace. Dari tujuan penelitian tersebut dapat dilihat kebaruan penelitian ini adalah peran target costing pada UMKM sebagai cara dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada penjualan melalui kemitraan marketplace. Pengolahan data penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif yang berupa studi kasus pada UMKM Maem Masakan Mbok’e. Perhitungan target costing yang dilakukan oleh UMKM ini menjelaskan adanya efisinesi biaya produksi untuk produk paket nasi uduk dari Rp.668.502 menjadi Rp.514.440, sedangkan produk paket nasi kebuli dari Rp.537.694 menjadi Rp.427.150 dimana tujuan efisiensi biaya ini agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk sejenis yang ditawarkan melaui kemitraan marketplace. Efisiensi biaya ini dapat dicapai oleh UMKM Maem Masakan Mbok’e melalui proses value engineering yaitu mengubah bentuk kemasan, pemilihan supplier bahan baku, dan memodifkasi proses sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing melalui kemitraan marketplace. Value engineering ini juga berdampak pada peningkatan laba pada paket nasi uduk dari Rp.101.498 menjadi Rp.255.560 dan paket nasi kebuli dari Rp.62.306 menjadi Rp.172.850


Kata Kunci


target costing;value engineering;keunggulan bersaing;kemitraan marketplace

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.