Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Promosi, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan menjadi Nasabah Bank

Harish Muhammad Ramadhani, Mira Rahmi, Muhammad Anwar Fathoni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari literasi keuangan Syariah, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan mahasiswa menjadi nasabah pada Perbankan Syariah. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif berdomisili Tangerang Selatan berumur 17 – 23 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Variabel independen yang digunakan terdiri dari literasi keuangan Syariah, promosi, dan kualitas pelayanan, serta variabel dependen yaitu keputusan mahasiswa menjadi nasabah pada Perbankan Syariah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi liniear berganda, uji validitas & reliabilitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan program pengolah data SPSS 28. Sampel yang digunakan berjumlah 113 mahasiswa. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan Syariah, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan mahasiswa berdomisili Tangerang Selatan menjadi nasabah pada Perbankan Syariah. Implikasi pada penelitian ini bagi regulator dan Bank Syariah agar dapat dijadikan referensi dalam membuat kebijakan dan juga cara mencapai target pasar yang dituju.


Kata Kunci


keputusan; literasi keuangan Syariah; promosi; kualitas pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.