Implementasi Pembiayaan Produk Amanah Berdasarkan Fatwa DSN-MUI No.92/DSN-MUI/IV/2014 Pada PT Pegadaian Syariah Cabang Cinere

Mega Nopiantisisar, Mira Rahmi, Lili Sari

Sari


Keberadaan lembaga keuangan syariah memegang peran penting saat memberikan opsi keperluan jasa keuangan dari berbagai bidang ekonomi. Lembaga keuangan syariah adalah lembaga jasa keuangan yang memasarkan produk dan jasa keuangan yang selaras pada prinsip syariah, oleh sebab itu wajib selektif dalam menerapkan produk yang selaras syariah dan bebas dari gharar dan riba. Satu diantara lembaga keuangan (nonbank) yang bebas dari gharar dan riba ialah Pegadaian Syariah. Pegadaian Syariah ini didasari untuk menghindari taktik lama seperti taktik ijon, lintah darat, dan pinjaman yang tidak manusiawi. Pegadain Syariah memiliki produk yang cukup eksklusif yaitu Produk Amanah. Tujuan penelitian ini menganalisis dan membuktikan implementasi produk pembiayaan amanah berdasarkan Fatwa DSN-MUI pada PT Pegadaian Syariah Cabang Cinere. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta analisis data meliputi tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ialah pembiayaan produk amanah pada PT Pegadaian Syariah Cabang Cinere menggunakan 2 akad yaitu akad murabahah dan rahn. Kesesuaian pada fatwa terkait pembiayaan disertai rahn dengan pembiayaan produk amanah ini sudah sesuai dengan ketentuan yang ada seperti terkait ketentuan umum, ketentuan hukum, barang jaminan (marhun), utang (marhun bih), pendapatan (murtahin), penyelesaian (akad rahn) dan perselisihan. 


Kata Kunci


fatwa dsn-mui; implementasi; pembiayaan; produk amanah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugrah, Y. D. Y. (2020). Analisis Konsep Penerapan Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1.

Azis, M. A., & Sastrawati, N. (2020). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Mekanisme Pemberian Kredir Produk Amanah di Pegadaian Syariah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, 2, 47.

Dewan Syariah Nasional MUI. (2014). Pembiayaan yang Disertai Rahn. (92/DSN-MUIIIV 12014). Retrieved from https://ditbinganis.badilag.net/ekonomisyariah/dokumen_kompilasi/96.pdf

Handono, M., Tektona, R. I., & Zahro, Q. F. (2020). Akad Rahn Tajily Pada Benda Bergerak Dalam Produk Amanah di PT Pegadaian (Persero) Syariah. Ilmiah Ilmu Hukum, 10, 33.

Hassan, D. (2013). A Comparative Analysis of Shariah Governance in Islamic Banking Institutions Across Jurisdiction.

Hussein, M., Shahmoradi, A., & Turk, R. (2015). An Overview of Islamic Finance, International Monetery Fund Working Paper.

Pegadaian. (2019). Digitalisme Laporan Tahunan 2019. 512. Retrieved from http://digitalis.nwp.org/site-blog/striving-pedagogy-empowerment-taking-leap-faith/6299

Rama, A. (2015). Analisis Sistem Tata Kelola Syariah Bagi Perbankan Syariah di Indonesia dan Malaysia. Bimas Islam, 8, 60.

urepno. (2018). Studi Implementasi Akad Rahn (Gadai Syariah) Pada Lembaga Keuangan Syariah. Journal Of Islamic Economic Law.

Syariah, P. (n.d.). Pegadaian Syariah. Retrieved February 2, 2021, from https://pegadaiansyariah.co.id/web/

Baluntu, N. M. L. (2014). Minat Karyawan Dalam Pembiayaan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Melalui Produk Amanah. Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 12, 12.

Christiawan, R. (2021). Hukum Pembiayaan Usaha. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. GRE PUBLISHING.

Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Indonesia, I. B. (2015). Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulazid, A. S. (2016). Kedudukan Sistem Pegadaian Syariah. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Nana, S. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sholihin, M., & Anggraini, P. G. (2021). Analisa Data Penelitian - Menggunakan Software STATA. Yogyakarta: PENERBIT ANDI.

Tahir, A. (2014). Kebijakan Publik & Transparasi Penyelenggaraan Pemenrintah Daerah. Bandung: ALFABETA, CV.

Winarmi, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.