Analisis Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Jakarta Timur

Renaldo Renaldo, Lina Ariani, Heni Nastiti

Sari


Sebuah penelitian kuantitatif yang dirancang dengan tujuan membuktikan apakah kualitas produk, citra merek dan harga mempengaruhi keputusan pembelian smartphone Samsung. Riset ini dilakukan terhadap 75 pengguna smartphone Samsung. Penghimpunan data pada penelitian ini didapat dengan mengedarkan kuesioner yang telah dibuat dengan gform yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferesial dengan bantuan aplikasi Smart PLS 3.0.penelitian ini membuktikan bahwa kualitas produk,citra merek dan harga berpengaruh signifikan kepada keputusan pembelian dan memiliki nilai koefisien 0,305 untuk kualitas produk, 0,298 untuk citra merek dan 0,288 untuk harga. Dari ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh sebanyak 0,631 atau 63.1%.


Kata Kunci


kualitas produk;citra merek;harga;keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A. Rizky, R. Sumaryono, E.T. Sari. (2020). Pembelian Produk Smartphone Merek Samsung Di Counter Sep (Samsung Excellent Partner) Hacom Itc Surabaya. JEMBATAN - Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan XIII No 2, Oktober 2020, Hal.89-96

Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media,

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Anak Agung Ngurah Putra Permadi (2019). . Pengaruh Kualitas Produk,Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smarpthone Xiaomi.

Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

D. Nuril., Y. Indah., Handayani.(2019). The Effect Of Brand Image, Quality Products And Price On Samsung Handphone Decision Purchase. ABM : International Journal of Administration, Business and Management, Vol. 1 No. 1 November 2019, Hal. 1-9.

Deliyanti Oentoro, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, Juli 2012.

Dr. M. Anang Firmansyah, SE., MM.(2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media.

Dr. Osly Usman, M. Bus., Y. Aryani.(2020) The Effect Of Brand Image, Product Quality, And Price On Purchase Intention. Diakses 13 Maret 2021, dari https://papers.ssrn.com

Fandy, Tjiptono. (2016.) Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Feriyanto, Andri dan Shyta, Endang Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1). Kebumen: Mediatera

H.Arjuna., S. Ilmi. (2020). Effect Of Brand Image, Price And Quality Of The Product On The Smartphone Purchase Decision. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3, No. 2, Hal. 294-305

International Data Corporation. (2021). Market Share Smartphone Dunia. Diakses 13 Maret 2021, dari https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prUS47410621

Katadata. (2020). Penjualan Smartphone di Indonesia. Diakses 13 Maret 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/16/vivo-kuasai-penjualan-ponsel-pintar-di-indonesia

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing Management, Thirteenth Edition. Jakarta: Erlangga.

M. Rusli Syahlani (2019). Pengaruh Kualitas Produk,Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smarpthone Merek Asus.

M.Deisy.,S.L.H.V.J.Lapian.,Y.Mandagie. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai – Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 2288 – 2297

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran, Bandung: Alfabeta

N. Suyant., Khuzani. (2019). The Role Of Brand Image In The Relationship Of Product Quality And Price Perceived On Purchasing Decisions For Oppo Smartphone Consumers. Proceeding Book 7th Asian Academic Society International Conference 2019, Hal. 140- 144.

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen Pemasaran Produk Peternakan. (N. Suparta,Ed.). Denpasar: Swata Nulus.

Rahmawati.(2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Rati Pundissing.(2018). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas Dan Persepsi Hargaterhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy (Studi Kasus Pada Mahasiswapengguna Hp Samsung Galaxy Di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja). Jurnal Ilmiah Volume VI no.7.hlm 15-30.

S. Amalia dan M.Oloan. (2017) Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.6, No.1, Mei 2017, Hal.660-669.

S. Widyasari.,A. Maskur.,M.B. Setiawan.,T. Sugiarto. (2018). The Effect of Motive, Product Quality, Price Perception and Brand Image toward Buying Decision Process. 2nd International Conference on Banking, Accounting, Management and Economics (ICOBAME 2018), Hal.91-95.

Sangadji, E,M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen,Yogyakarta: Andi.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.