Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Brand Lokal di Kalangan Generasi Z

Dien Hafifah Mesayu Putri, Nobelson Syarief, Pusporini Pusporini

Sari


Fashion merupakan bisnis yang selalu populer diberbagai kalangan dan memiliki tren yang terus berubah sehingga tidak ada matinya. Tidak jarang sasaran yang dituju brand fashion lokal adalah generasi Z. Peneltian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang lahir pada tahun 1995-2005 dan bertempat tinggal di Jakarta Selatan. Pengambilan sample menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 75 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial dengan alat bantu Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memiliki nilai korelasi sebesar 0.536, nilai korelasi promosi sebesar 0.216, dan kualitas produk dengan nilai korelasi 0.035. Kemudian, variabel harga (X1) dan promosi (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan kualitas produk (X3) tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel harga, promosi, dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian produk fashion brand lokal sebesar 44%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata Kunci


harga; promosi; kualitas produk; dan keputusan pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Amalia, P., & Megayani. (2020). The Effect of Marketing Mix on Purchase Decision on Clothes in Jatinegara Market, Jakarta Timur (Study at Mahkota Muslimah Clothing Store, Jatinegara). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Anggraini, N. (2018). Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Zahara Hijab Collection Warujayeng. In Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Un Pgri Kediri.

Aria, P. (2020). Hari Belanja Brand Lokal, Pesta Diskon Lebih dari 1.000 Merek Nasional. katadata.co.id. https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5ea3a95c7df4e/hari-belanja-brand-lokal-pesta-diskon-lebih-dari-1000-merek-nasional

Baiti, R. U. (2016). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan IB Muamalat di Bank Muamalat KCP Salatiga. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Barcelona, O., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2).

Darida, V. A. (2021). E-commerce Sebagai Penunjang Perkembangan Bisnis Belanja Online di Era Digital. kumparan. https://kumparan.com/veronica-agustina/e-commerce-sebagai-penunjang-perkembangan-bisnis-belanja-online-di-era-digital-1uvAOkc0TS1

Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Deepublish.

Dilasari, Y. S. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rabbani Store Di …. In UMMagelang Conference Series.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.

Gischa, S. (2020). Harga: Konsep, Tujuan, dan Metode Penetapannya. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/24/160000069/harga-konsep-tujuan-dan-metode-penetapannya?page=all

Gusrita, D., & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh Marketing Mix dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita di Kota Padang. Jurnal EcoGen, 1.

Handayani, I. (2020). Brand Fashion Lokal Pikat Konsumen di Masa Pandemi. BeritaSatu. https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/696873/brand-fashion-lokal-pikat-konsumen-di-masa-pandemi

Kartikawati, S., Budi, L., & Seputra, A. (2020). The Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions (Special Stydy on Hanifah Consumer Fashion Store Karangjati). https://doi.org/10.2504/kds.29.162_2

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Erlangga.

Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Khalifah Mediate.

Musafar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.

Pratama, I., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sulaman Khas Kota Padang. Jurnal EcoGen, 3(1). https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8529

Putri, E. D. R. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. CV Andi Offset.

Supaartagorn, C. (2017). Marketing Mix Factors Toward Decision Making in the Purchasing Goods and Services Via Facebook: in the Case of Muang District, Ubonrajchathani Province, Thailand. International Journal of Management and Applied Science, 3(2), 50–54.

Utami, A. R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Freshmode).

Wahid, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Celcius di Jalan Gatot Subroto Samarinda. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 1022–1035.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.