Manajemen Risiko dan Media Exposure Sebagai Pemoderasi Pengaruh Corporate Social Resposibility Terhadap Nilai Perusahaan High Profile di Indonesia

Rosida Majid, Aniek Wijayanti, Ranti Nugraheni

Sari


Informasi CSR dapat memberikan sinyal positif kepada pembacanya terutama para investor dalam pengambilan keputusan investasi sehingga mempengaruhi nilai perusahaan. Penerapan manajemen risiko yang tepat dalam aktivitas operasional perusahaan dapat menimalisir kemungkinan kegagalan aktivitas perusahaan termasuk aktivitas CSR perusahaan dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Kepentingan perusahaan high profile untuk mengungkapkan aktivitas CSR mereka lebih besar dari perusahaan low profile. Dikarenakan sensitivitasnya yang tinggi terhadap kepentingan eksternal perusahaan, perusahaan high profile tidak luput dari media. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris atas pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan high profile tahun 2016-2018 beserta manajemen risiko dan media exposure sebagai pemoderasi pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi parsial dan moderasi yang diperoleh dari data sekunder perusahaan atas 69 sampel penelitian. Hasil analisis menyatakan terdapat pengaruh positif signifikan CSR terhadap nilai perusahaan high profile. Namun, manajemen risiko dan media exposure tidak dapat memoderasi pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan high profile.

 


Kata Kunci


nilai perusahaan; csr; manajemen risiko; media exposure

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M., Shukor, Z. A., Mohamed, Z. M., & Ahmad, A. (2015). Risk Management Disclosure: A Study On The Effect Of Voluntary Risk Management Disclosure Toward Firm Value. Journal of Applied Accounting Research, 16(3), pp. 400–432.

Ambarwati, N. S., Yuniarta, G. A., & Sinarwati, N. K. (2015). Analisis Determinan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Skripsi. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), pp. 1–11.

Arifianto, M., & Chabachid, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks LQ-45 Periode 2011-2014). Diponegoro Journal Of Management, 5(1), pp. 1–12.

Bing, T., & Li, M. (2019). Does CSR Signal The Firm Value? Evidence From China. Sustainability (Switzerland), 11(15), pp.1–22.

Bursa Efek Indonesia. (2021). Saham. Diakses 8 April 2021, dari https://www.idx.co.id/

Cristofel, & Kurniawati. (2021). Pengaruh Enterprise Risk Management , Corporate Social Responsibilty Dan Kepemilikan Institusional. Jurnal Akuntansi Bisnis, 14(1), 1–12.

Devi, S., Budiasih, I. G. N., & Badera, I. D. N. (2017). Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management Dan Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 14(1), pp. 20–45.

Febyani, P. A. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Risiko Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Dan Energi Yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi Manajerial, 1(2), pp. 46–58.

Florio, C., & Leoni, G. (2017). Enterprise Risk Management And Firm Performance: The Italian Case. British Accounting Review, 49(1), pp. 56–74.

Freeman, R. E., & Reed, D. L. (1983). Stockholders and Stakeholders: A New Perspective on Corporate Governance. California Management Review, XXV(3), pp. 88-106.

Garcia-Sanchez, I. M., Cuadrado-Ballesteros, B., & Sepulveda, C. (2014). Does Media Pressure Moderate CSR Disclosures By External Directors? Management Decision, 52(6), pp. 1014–1045.

Garuda Indonesia. (2019). Laporan Tahunan 2019. 1–740. Diakses 8 Mei 2021, dari https://www.garuda-indonesia.com/

Google News. (2019). CSR Garuda. Diakses 8 April 2021, dari https://www.google.com/

Gray, R., Kouhy, R., Lavers, S., Kouhy, R., & Lavers, S. (1995). A Review Of The Literature And A Longitudinal Study Of UK Disclosure. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 8(2), pp. 47–125.

Hackston, D., Milne, M. J., Hackston, D., & Milne, M. J. (1996). Some Determinants Of Social And Environmental Disclosures In New Zealand Companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 9(1), pp. 77–108.

Harjoto, M., & Laksmana, I. (2016). The Impact Of Corporate Social Responsibility On Risk Taking And Firm Value. Journal of Business Ethics, 151(2), pp. 353–373.

Hoyt, R. E., & Liebenberg, A. P. (2011). The Value of Enterprise Risk Management. Journal of Risk and Insurance, 78(4), pp. 795–822.

Hu, Y., Chen, S., Shao, Y., & Gao, S. (2018). CSR And Firm Value: Evidence From China. Sustainability (Switzerland), 10(12).

International Organization for Standardization. (2018). ISO 31000: Risk Management. ISO.ORG. Geneva: Iso Central Scretariat.

Iswajuni, I., Soetedjo, S., & Manasikana, A. (2018). Pengaruh Enterprise Risk Management (Erm) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 6(1), pp. 67–73.

Julekhah, F., & Rahmawati, E. (2019). The Influence Of Media Exposure, Industry Sensitivity, Foreign Ownership, Public Ownership And Profitability On Environmental Disclosure And The Impact On Firm Value. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(1), pp. 50–66.

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D. (2014). Intermediate Accounting (Second Edi). New York: WileyPlus.

Li, D., Xin, L., Chen, X., & Ren, S. (2017). Corporate Social Responsibility, Media Attention And Firm Value: Empirical Research On Chinese Manufacturing Firms. Quality and Quantity, 51(4), pp. 1563–1577.

Maygarindra, P. B., & El Maghviroh, R. (2012). Analisis Alokasi Dana Corporate Social Responsibility Serta Pelaporan Sustainability Report Berdasarkan Global Reporting Initiative (Gri G3) Di PT. Pembangkitan Jawa Bali. The Indonesian Accounting Review, 2(02), p. 173.

Muthmainah, D. A. (2019). Kementerian BUMN Temukan Dugaan Penyimpangan CSR Garuda. Diakses 8 April 2021, dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/

Putri, A. K., Sudarma, M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), pp. 344–358.

Retno, D. R., & Prihatinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal, I(5), pp. 12–14.

Reverte, C. (2009). Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure Ratings by Spanish Listed Firms Carmelo Reverte. Journal of Business Ethics, pp. 351–366.

Roberts, R. W. (1992). Determinants Of Corporate Social Responsibility Disclosure : An Application Of Stakeholder Theory. Accounting, Prganization, and Society. 17(6), pp. 595–612.

Sari, M. N., Mukhzarudfa, & Yudi. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Malaysia dan Singapura Periode. Journal Akuntansi & Keuangan Unja, Vol.8(No.2), pp. 3–5.

Sparta, D., & Rheadanti, D. K. (2019). Pengaruh Media Exposure Tehradap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI. Equity, 22(1), p. 12.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), pp. 355–374.

Susenohaji. (2014). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Atas Ungkapan (Disclosure) Tanggung Jawab Lingkungan Perusahaan (Studi Empiris Penerapan Regulasi Pada Perusahaan Go Public). Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya. Diakses 5 April 2021, dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/

Verbrugge, J., Niehaus, G., Coleman, W., Lawder, K., Smith, C., Briscoe, C., Chew, D. (2020). University Of Georgia Roundtable On: Enterprise‐Wide Risk Management. Journal of Applied Corporate Finance, 32(1), pp. 14–35.

Wirawan, A. W., Falah, L. J., Kusumadewi, L., Adhariani, D., & Djakman, C. D. (2020). The Effect of Corporate Social Responsibility on the Firm Value with Risk Management as a Moderating Variable. Journal of Asia-Pacific Business, 21(2), pp. 143–160.

Yahoo Finance. (2019). Harga Saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Diakses 10 April 2021, dari https://finance.yahoo.com/

Yulia, A., & Afrianti, A. (2014). Analisis Perbedaan Pengungkapan Corporate Social

Responsibility Pada Perusahaan High Profile dan Low Profile (Studi Empiris

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Dinamika Akuntansi Dan

Bisnis, 1(1), pp. 92–106.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.