Analisis Literasi Keuangan, Faktor Demografi ,dan Personality Traits Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

Roselin Cindy Claudya Nule, Rolland E Fanggidae, Wehelmina M Ndoen

Sari


Penelitian ini dilakukan pada pelaku usaha mikro di Kelurahan Oesapa Kecamatan, Kelapa Lima, Kota Kupang.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, faktor demografi, dan personality traits terhadap perilaku pengelolaan keuangan pelaku usaha mikro.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan simple radom sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 responden diambil dari pelaku usaha mikro yang dikhususkan untuk usaha kios di Kelurahan Oesapa, sebagai sumber data primer dan pengambilan data menggunakan survey langsung di lapangan yang disebarkan menggunakan kuisioner pada pelaku usaha mikro di Kelurahan Oesapa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, uji chi-square, uji F, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan program software SPSS versi 21.Hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh secara parsial terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Variabel faktor demografi yang meliputi indikator pendidikan berpengaruh secara parsial terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,036 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan pengujian Uji Chi-square variabel faktor demografi yang meliputi indikator jenis kelamin berpengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,021lebih kecil dari 0,05. Selanjutnya indikator usia tidak berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,490 lebih besar dari 0,05. Variabel personality traits berpengaruh secara parsial terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,014 lebih kecil dari 0,05. Hasil pengujian uji F menunjukkan literasi keuangan, faktor demografi, dan personality traits berpengaruh secara simultan terhadap perilaku pengelolaan keuangan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.


Kata Kunci


literasi keuangan; faktor demografi; personality traits; perilaku pengelolaan keuangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alina Tsalitsa dan Yanuar Rachmansyah. 2016. “Analisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Pengambilan Kredit pada PT. Columbia Cabang Kudus”. Media Ekonomi dan Manajemen.Vol.31 No. 1 Januari.

Amanah,Ersha. (2016) berjudul “Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude dan External Locus of Control terhadap Personal Financial Management Behavior pada Mahasiswa S1 Universitas Telkom”.Skripsi.Universitas Telkom.

Andarsari, Pipit Rosita dan Mega Noerman Ningtyas. (2019). The Role of Financial on Financial Behavior. Journal of Accounting and Business Education, 4(1), 24-33

Andriyani, N. S. (2018). “Pengaruh Literasi Keuangan, Personality Traits dan Sikap Terhadap Uang Pada Perencanaan Keuangan Keluarga”. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBAV), 34(11), e77–e77.

Chen, H. dan Volpe, R. (1998).An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students, Financial Services Review 7 (2), 107-128.

Feist,Gregory J. (2011). “Teori Kepribadian”. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam, 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Undip.

Humaira, Iklima dan Endra M. Sagoro. 2018. “Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Husnan Suad, Enny Pudjiastuti. (2015). “Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Joseph, Chricela N. 2020. “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pribadi Pada Dosen-Dosen Fakultas Ekonomi UKIM”. Jurnal Sosoq, Volume 8, Nomor, 1 Febuari 2020.

Kasmir.(2009). “Pengantar Manajemen Keuangan”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kholilah, N.A dan Irmani, Rr. May .2013. “StudiFinancial Management BehaviorPada Masyarakat Surabaya”.Journal of Business and Banking Volume 3, No. 1, May 2013, pages 69 – 80.

Mahdzan, N. S., & Tabiani, S. (2013). The Impact of Financial Literacy on Individual Saving: An Exploratory Study in the Malaysian Context. Transformation in Business and Economic, 12(1), 41-55

Manurung Jonni J., dan Adler H. Manurung, 2009. Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Moneter. Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Mardahleni. (2020). “Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Studi Pada Rumah Tangga Di Nagari Persiapan Anam Koto Utara Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat)”. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, Volume 8, No 3, September 2020.

Mubarok, M.Husni. 2017. “Pengaruh Faktor Demografi, Pengetahuan Keuangan Dan Personality Traits Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga”. Artikel Ilmiah.

Nyoman, T Herawati. (2015). Kontribusi Pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48 (1-3)

Pulungan, Delyana R. 2017 .”Literasi Keuangan dan Dampaknya terhadap Perilaku Keuangan Masyarakat Kota Medan”.Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 17(1), 56-61.

Robb, C.A. dan Sharpe, D.L. 2009.Effect of Personal Knowledge on College Students’s Credit Card Behaviour.

Robbins, Stephen P. and Judge, Timothy A (2008) Organizational Behavior.12th edition. New Jersey: Pearson Education, Inc

Rozari, Petrus E. de. 2016. Keuangan Inklusif: Kinerja Perbankan dan UMKM dalam Meningkatkan Perekonomian Daerah, Seminar Nasional Keuangan Inklusif FEB UNDANA

Suryanto dan Mas Rasmini.(2018). “Analisis Literasi Keuangan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Survey Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Bandung)”.Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 8 (2).

Tsalitsa Alina dan Yanuar Rachmansyah. 2016. “Analisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Pengambilan Kredit pada PT. Columbia Cabang Kudus”. Media Ekonomi dan Manajemen.Vol.31 No. 1 Januari.

Yunita, Nia. (2020). “Pengaruh Gender Dan Kemampuan Akademis Terhadap Literasi Keuangan Dalam Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi”.Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) Volume 01 Nomor 02 Tahun 2020 (Hal: 1-12).

Yusnita Ria, R. & Abdi, M. (2018). “Pengaruh Faktor Demografi terhadap Literasi Keuangan”.Journal Of Economic, Business and Accouting (COSTING), 2(1), 163 – 184.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.