Pengaruh Kepemilikan Institusional, Media Exposure, Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Sari
Penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh kepemilikan institusional, media exposure, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dihitung berdasarkan GRI G4 dan GRI Standar. Sampel yang digunakan yakni sebanyak 28 perusahaan. Dalam pengujian hipotesis penelitian menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan program SPSS 25. Hasil dari pengujian diperoleh untuk variabel kepemilikan institusional dan media exposure tidak berpengaruh signifikan, sedangkan untuk variabel ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arnes, R. A., & Toto, R. (2020). “The Effect of Profitability, Liquidity, Firm Size and Media Exposure on Corporate Social Responsibility Disclosure in Indonesian Non-Banking State-Owned Enterprises”. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences 103(7): 140–48.
Darmawan, A., Diani, R, N., Rejeki, S., & Fatih, A, M. (2019). “Tata Kelola Perusahaan Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)”. Journal Of Value Added Vol. 15 No.2.
Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). “Organizational legitimacy: Social values and organizational behavior”. The Pasific Sociological Review, Volume 18, No. 1, hlm. 122–136.
Haq, A., & Mahyuni. (2018). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)”. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik dan Niaga 17(2): 79.
Hasanah, H., & Rudyanto, A. (2020). “Determinan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia”. Equity 22(2): 215.
Jensen, C., & Meckling, H. (1976). “Theory Of The Firm : Managerial Behavior , Agency Costs And Ownership Structure I . Introduction and Summary In This Paper WC Draw on Recent Progress in the Theory of ( 1 ) Property Rights , Firm . In Addition to Tying Together Elements of the Theory of E”. 3: 305–60.
Lako, A. (2012). “Dekontrusksi & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi”. Jakarta: Erlangga.
Malik, H. A., Ahsan, S. M., & Khan, S. R. (2017). “Impact of Ownership Structure on Corporate Social Responsibility: Evidence from Pakistan”. International Journal of Scientific & Engineering Research 8(1): 38–52.
Mashuri, A. A. S., & Ermaya, H. N. L. (2020). “The Effect of Tax Aggressiveness and Media Exposure on Corporate Social Responsibility Disclosure with Profitability as Moderated Variables Social and Environmental Responsibility Must Be Owned by the Company in Generating Profits”. 124(47): 16–28.
Mutia, E., Zuraida., & Devi, A. (2011). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi 4(2): 187–201.
Nurleni., Bandang, A., Darmawati., & Amiruddin, A. (2017). “The Effect of Managerial and Institutional Ownership on Corporate Social Responsibility Disclosure”. International Journal of Law and Management 60(4): 979–87.
Oktavianawati, L., & Wahyuningrum, I. F. S. (2019). “Factors Affecting Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure”. Accounting Analysis Journal 8(2): 110-117.
Pakpahan, Y., & Lasmanita, R. (2018). “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial”. Jurnal Akuntansi 18(2).
Prasethiyo, D. (2017). “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Sensitivitas Industri, Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Volume 5 Nomor 2.
Rusdianto, U. (2013). “CSR Communications A Framework For Pr Practitioners”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rustiarini, N. W. (2011). “Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 6(1)
Sari, W. N., & Rani, P. (2015). “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Return On Assets (ROA), Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 151(1): 10–17.
Simamora, E. M. L. (2017). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau Vol.4 No.1.
Singal, P. A., & Putra, I. N. W. A. (2019). “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Dan Kepemilikan Asing Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility”. E-Jurnal Akuntansi 29(1): 468.
Soliman, M. M., Din, M. B. E., & Sakr, A. (2012). “Ownership Structure and Corporate Social Responsibility an Empirical Study of the Listed Companies in the Stock Market of Egypt”. European Journal of Business Research 14(1): 53–68.
Sparta., & Rheadanti, D. K., (2019). “Pengaruh Media Exposure Tehradap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di BEI”. Equity 22(1): 12.
Suprasto, H. B., & Haryanti, A. P.S. (2019). “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 14(2): 219.
Wang, J., Lin, S., & Shujie, Y. (2013). “The Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure: Evidence from China”. Journal of Applied Business Research 29(6): 1833–47.
Wati, L. N. (2019). “Model Corporate Social Responsibility”. Jawa Timur: Myria Publisher.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Diterbitkan oleh:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450
Email: biema.feb@upnvj.ac.id
Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.