Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Harga dan Etika Konsumen Muslim (Studi Kasus Pasar Bintaro Jaya)

Riska Febriyani, Muhammad Anwar Fathoni, Mira Rahmi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai kondisi harga barang pada Pasar Bintaro Jaya di masa pandemi Covid-19 serta melihat keterkaitannya terhadap etika konsumsen muslim apabila terjadi panic buying yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sumber data primer yang merupakan pedagang barang kebutuhan pokok di Pasar Bintaro Jaya serta sumber data sekunder. Dalam melakukan pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa kondisi harga kebutuhan  pokok di Pasar Bintaro Jaya mengalami fluktuatifitas selama masa pandemi covid-19. Panic buying pun terjadi pada pasar ini selama masa pandemi covid-19, hal ini dilakukan oleh konsumen sebagai reaksi dari kekhawatiran akan penularan virus covid-19, namun masih dalam batas kuantitas yang normal. Dalam praktiknya etika konsumsi sudah diterapkan oleh konsumen muslim di Pasar Bintaro Jaya, serta telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan praktik dalam ajaran islam. Implikasi dalam penelitian ini, mampu memberikan deskripsi mengenai harga berdasarkan proses mekanisme pasar serta etika konsumen muslim di Pasar Bintaro Jaya pada saat pandemi covid-19.


Kata Kunci


etika konsumen muslim; harga; panic buying

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Qur’an dan Terjemahnya. (2020). Departemen Kementerian Agama RI.

Anggraeni, R. (2020). Gara-gara Panic Buying, Belanja Harian Naik hingga 15 Persen. Sindonews.Com.

Bandura, A. (2012). Social Cognitive Theory. In Handbook of Theories of Social Physchology (Vol. 1).

BPS. (2020). 5 Agustus 2020.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160.

Emalia, A. (2020). Analisis Pandemic Covid-19 Terhadap Harga Sembako. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 43.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2, 146–148.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 92–96.

Izza, M. (2021). Ekonomi Mikro: Pendekatan Ideologis Islam (Mohammad Nasrudin (Ed.); 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Kawa, Y. (2018). Penetapatan Harga Komoditas Hasil Pertanian Bagi Pedagang di Pasar Tradisional Srengat Blitar Ditinjau Dari Teori Penetapan Harga Dalam Ekonomi Islam. 86–91.

Kurniawan, P. (2020). Etika Bisnis Islam Terhadap Penimbun Barang Akibat Covid-19. Journal.Stiemb.Ac.Id, 4(3), 275–281.

Loxton, M. (2020). Consumer Behaviour during Crises: Preliminary Research on How Coronavirus Has Manifested Consumer Panic Buying, Herd Mentality, Changing Discretionary Spending and the Role of the Media in Influencing Behaviour. Journal of Risk and Financial Management, 13(8), 166.

Mannan, A. (1992). Teori dan Praktek dasar dasar Ekonomi Islam. Intermasa.

Marukum, S. (2011). Pemikiran Yusuf Al-Qardhawi Tentang Ihtikar: Dalam Kitab Halal Haram Fil Islam. 1–84.

Masrul. (2020). Pandemik Covid-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia (T. Limbong (Ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Mufidah, J. E., Hidayat, A. R., & Hidayat, Y. R. (2019). Tinjauan Teori Konsumsi Menurut Al Ghazali terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung ). Keuangan Dan Perbankan Syariah, 5(2), 420–427.

Mujaddidi, A. S. (2020). Ekonomi Islam Suatu Pengantar (Ach. Fauzi (Ed.)). Duta Media Publishing.

Muklis. (2020). Pengantar Ekonomi Islam- Drs. H. Muklis Bin Abdul Azis, M.M, Didi Suardi, Lc., MA.Ek - Google Buku (S. D. Febrianti (Ed.); 1st ed.). CV.Jakad Media Publishing.

Nur, S. K. (2019). Panic Buying di Masa Pandemi dan Relevansinya Dengan Ikhtikar. 1(2), 79–87.

Pujiyono. (2006). Teori Konsumsi Islam. Dinamika Pembangunan, 3(2), 196–207.

Putra, M. D., Amelia, F., & Putri, D. (2019). Dampak Ihtikar Terhadap Mekanisme Pasar Dalam Perspektif Islam. Imara: Jurnal Riset Ekonomi Islam, 3(2), 183.

Qardhawi, Y. (1997). Norma dan Etika Dalam Ekonomi Islam. In Daurul Qiyam wa al-Iqtishad al-Islam (2nd ed.). Gema Insani Press.

Riyadi, A. K., & Fauzia, I. Y. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Dalam Maqashid Al-Syariah. Kencana Prenadamedia Group.

Sappeami. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Praktik Jual-Beli : Analisis Iḥtikār Dalam Hukum Islam. 5(1), 27–48.

Shadiqi, M. A., Hariati, R., Fadhli, K., Hasan, A., Noor, I., & Istiqomah, W. Al. (2020). Panic buying pada pandemi COVID-19 : Telaah literatur dari perspektif psikologi. Jurnal Psikologi Sosial, 18.

Soenjoto, W. P. P., & Mujiyono, A. (2020). Fenomena Panic Buying dan Scarcity di Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2020 ( Kajian Secara Ekonomi Konvensional dan Syariah). Jurnal Istiqro, 6(2), 126–139.

Suryahadi, A., & Rahmawati, W. T. (2020). Ini Perubahan Perilaku Konsumen Indonesia Saat Pandemi Corona. Kontan.Co.Id.

Syaputra, E. (2017). Perilaku Konsumsi Masyarakat Modern Perspektif Islam : Telaah Pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Ihya ’ Ulumuddin. Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 144–155.

Tripalupi, R. I. (2021). Konsumsi di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Ekonomi Mikro Islam. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah, 3, 32–46.

Ulya, H. N. (2015). Permintaan, Penawaran, Harga Perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Islamica, 12, 162.

Zainal, V. R., Huda, N., Ekawati, R., & Riorini, S. V. (2018). Ekonomi Mikro Islam (Retno Ayu Kusumaningtyas (Ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.