Pengaruh Celebrity Endorsement, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Biarnyaman

Moh. Fadlurahman Salsabillah, Nobelson Syarief, Heni Nastiti

Sari


Pandemi Covid-19 berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Salah satu dampaknya adalah peningkatan transaksi online. Banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tumbuh pada masa pandemi. Namun, tidak semua bisnis online dapat langsung sukses memanfaatkan potensi yang ada. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari celebrity endorsement, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Biarnyaman. Konsumen yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk Biarnyaman merupakan populasi penelitian ini. Teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling digunakan sebagai metode pengumpulan data. Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada 75 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan alat uji SmartPLS 3.0. Dari penelitian ini didapatkan bahwa (1) celebrity endorsement memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Biarnyaman dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 0.274; (2) kualitas produk memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Biarnyaman dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 0.451; (3) harga memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Biarnyaman dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 0.224. Nilai adjusted R Square yang didapatkan adalah sebesar 0.799 atau 79.9% menunjukkan kontribusi dari celebrity endorsement, kualitas produk, dan harga secara bersama-sama, sedangkan 20.1% disebabkan oleh faktor lain di luar model penelitian ini.


Kata Kunci


keputusan pembelian; celebrity endorsement; kualitas produk; harga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeni, N. (2020). Effect of Product Quality, Prices, and Places on Purchase Decisions (Case Study of Consumers Ikhtiar Meatballs Tofu Cikarang Region). Journal of Reseacrh in Business, Economics, and Education, 2(1), 391–398.

Agung, A. A. P., & Suardhika, I. N. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif dan Kualitatif. Bali: CV. Noah Aletheia.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Design, Feature, and Price on Purchasing Decision of Apple iOS Smartphone in Surakarta, Indonesia. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(12), 5187–5191. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i12.15

Anggita, R., & Ali, H. (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). Scholars Bulletin, 3(6), 261–272. https://doi.org/10.21276/sb

Brata, H. B., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(5B), 433–445. https://doi.org/10.21276/sjbms

Das, S., Dash, M., Sahoo, K., & Mishra, U. S. (2018). Study on effectiveness of celebrity endorsements in print & social media advertisements on the buying behaviour of consumers. Revista Espacio, 39(6), 28.

Ebert, R. J., & Griffin, R. W. (2019). Business Essentials. In Power Systems (Twelft Edi). New York: Pearson Education. https://doi.org/10.1201/b12111-22

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi Keli). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modelling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) (4th ed.) (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, M., & Sembiring, H. (2018). The Effect of Product Innovation, Product Quality And City Image on Purchase Decision of Uis Karo Woven Fabric. Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR), 46(1), 593–598. https://doi.org/10.2991/ebic-17.2018.94

Hestyani, A. D., & Astuti, S. R. T. (2017). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(2), 1–11.

Hutagalung, C., Yuliniar, & Nastiti, H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Carry Di Provinsi Jawa Barat Saat Pandemi Covid-19. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1660–1674. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1135

Imaningsih, E. S., & Rohman, S. (2018). The Model Of Product Quality, Promotion, Price, And Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi, 23(2), 260–271. https://doi.org/10.24912/je.v23i2.373

Intan, D. S., & Hardjanti, S. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorse Rizky Febian Terhadap Minat Pembelian Produk Teh Kotak Rasa Buah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kabupaten Bantul). Jurnal Fokus, 10(2), 170–186.

Katadata. (2020, July 2). Survei: 54% UMKM Pakai Media Sosial untuk Pacu Penjualan saat Pandemi. Katadata.Co.Id. Retrieved from https://katadata.co.id/ekarina/berita/5efdb7a7bea69/survei-54-umkm-pakai-media-sosial-untuk-pacu-penjualan-saat-pandemi

Kompas. (2020). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Kompas.Com. Retrieved from https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global?page=all

Kompas. (2021, January 27). Ekonomi Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19: Potret dan Strategi Pemulihan 2020-2021. Kompaspedia. Retrieved from https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi-covid-19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020-2021

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). New York: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Lusiah, Noviantoro, D., & Halim, L. T. (2017). The Effect of Endorsement and Brand Image on Purchase Decision of Online Culinary Product. 46(1), 530–533. https://doi.org/10.2991/ebic-17.2018.83

Marshchita, D., Marzuki, F., & Nastiti, H. (2021). Keputusan Pembelian Honda PCX (Studi pada Konsumen Kelurahan Jagakarsa Jakarta Selatan). 2(1), 1284–1293.

Maulana, R., Aryani, L., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembeli Laptop Asus di Jakarta Selatan). Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 524–537.

Noor, J. (2015). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Paradis, W. S., Hidayat, Z., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorse, Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Indomie (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Widya Gama Lumajang). Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(4), 171–266.

Pratama, R. W. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Lenovo (Studi Pada Warga Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan). Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UPN Veteran Jakarta, 1–18.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wage Group.

Rifa’i, B., Mitariani, N. W., & Imbayani, I. G. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet di Gallery Smartfren Denpasar. Values, 1(4), 31–42.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2018). Management (14th ed.). Harlow: Pearson Education.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). New York: Pearson Education.

Shofwan, T., Aryani, L., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2(1), 362–376.

Sipayung, M. L., & Sinaga, A. H. (2017). Marketing Mix Effect and Quality Product Purchase Decision on Rice Pandaraman in South Tapanuli Region. IOSR Journal of Business and Management, 19(03), 85–89. https://doi.org/10.9790/487x-1903028589

Siyoto, S., Kes, M., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction (4th ed.). Yogyakarta: Penebit ANDI.

Utami, L. S. D. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Brand Awareness Terhadap Purchase. Jurnal Ilmu Manajemen Unisersitas Tadulako, 6(3), 186–194.

Vidyanata, D., Sunaryo, & Hadiwidjojo, D. (2018). The Role of Brand Attitude and Brand Credibility As a Mediator of the Celebrity Endorsement Strategy To Generate Purchase Intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 402–411.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Diterbitkan oleh: 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

Email: biema.feb@upnvj.ac.id

Prosiding BIEMA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.